Breaking

Wednesday, December 26, 2018

Dry Ice Blasting - Revolusi Baru dalam Pembersihan Industri


Bagi anda yang mencari jasa rental mobil dengan pelayanan terbaik bagi para pelanggannya, dan mencari pilihan kendaraan yang anda butuhkan. Anda bisa mengunjungi rentalelfcenter.com


Di dunia saat ini, ketika kekhawatiran tentang lingkungan semakin meningkat, permintaan untuk metode pembersihan yang ramah lingkungan semakin meningkat. Metode pembersihan tradisional seperti pencucian tekanan telah dilakukan di bawah pengawasan. Perusahaan beralih ke alternatif lain yang lebih ramah lingkungan.

Image result for Dry Ice Blasting
Salah satu alternatifnya adalah dry ice blasting. Ini dianggap lebih unggul dari metode tradisional lainnya seperti pengikis, sander dan sikat kawat. Proses ini dikenal untuk menghemat waktu dan membersihkan secara menyeluruh dan rapi atau lebih sehingga dalam waktu yang relatif lebih sedikit.


Ini juga lebih cepat dan hemat waktu. Ini digunakan di semua jenis industri yang memiliki peralatan yang perlu dibersihkan secara teratur seperti otomotif, pembangkit listrik, penerbangan, kemasan, plastik dan banyak lagi. Misalnya, perusahaan seperti React365 Inc. menawarkan layanan <a href=http://www.react365.com/dry-ice-blasting.php> dry ice blasting </a> di tempat. Bentuk teknologi pembersihan non-invasif ini aman dan efektif dalam segala hal mulai dari dasar perahu hingga saklar listrik dan sirip turbin.


<b> Apa itu Es Kering </ b>

Es kering adalah bentuk padat karbon dioksida (Co2). Es kering sekeras plester dan di bawah tekanan atmosfir menyublim pada suhu -78oC.


<b> Peledakan Es Kering </ b>

Peledakan es kering atau peledakan CO2 adalah proses di mana pelet es kering (seukuran butiran beras) ditembak keluar dari nosel dengan kecepatan supersonik untuk membersihkan peralatan residu termasuk minyak, cat, tinta, lem, kotoran, lemak, makanan, agen pelepas cetakan, karet dan beberapa kontaminan lainnya. Pelet dipercepat menggunakan udara terkompresi. Setelah dampak es kering berubah dari keadaan padat menjadi gas tanpa melewati tahap cair.


Ada tiga fase dalam proses peledakan es kering.


<b> Transfer Energi: </ b>
Kinetik ditransfer ketika pistol peledakan menembakkan pelet es kering ke permukaan. Pelet es kering menyublim di atas dampak dan lebih lembut dibandingkan dengan media pembersih lain seperti pasir, pasir, atau manik-manik. Ini adalah bentuk pembersihan yang non-abrasif dan tidak menyebabkan kerusakan pada peralatan.


<b> Efek Seng Termal Mikro: </ b>
Ini terjadi ketika butiran es kering beku menyerang permukaan yang terkontaminasi lebih hangat yang menyebabkan kejutan termal antara kontaminan permukaan dan substrat. Pada saat itu, retak dan delaminasi kontaminan terjadi.


<b> Efek Kinetis Termal: </ b>
Pada fase ketiga dan terakhir, pelet es kering meledak ketika bersentuhan dengan permukaan. Saat pellet hangat, mereka berubah menjadi gas CO2 yang meluas dengan cepat di bawah permukaan yang terkontaminasi. Kemudian kontaminan jatuh ke tanah atau menjadi udara. Es kering menguap dan hanya kontaminan yang tertinggal.


 <b> Proses yang Lebih Aman secara Komparatif </ b>

Peledakan es kering cukup efektif dan proses yang aman untuk poin plus berikut:

• Tidak ada air atau bahan kimia keras yang digunakan dalam proses, sehingga tidak ada limbah tambahan yang dihasilkan.



• Tidak ada risiko selip seperti halnya proses pencucian tekanan.

<b> Diperlukan Tindakan Pencegahan </ b>
Namun, tindakan pencegahan tertentu harus dilakukan saat melakukan proses:

• Ventilasi yang tepat adalah suatu keharusan. CO2 bisa berbahaya bila terkonsentrasi di ruang terbatas. CO2 adalah 50 persen lebih berat daripada udara dan dapat menggantikan oksigen dan mencekik seseorang jika tidak ada ventilasi yang baik.
• Sangat penting untuk memakai penutup telinga, karena proses menghasilkan suara yang memekakkan telinga.

• Suhu es kering bisa serendah -110 derajat F dan dapat membekukan kulit secara instan. Kenakan sarung tangan saat menangani es kering.


• Selalu gunakan pakaian pelindung, pelindung wajah saat menangani pelet CO2 atau unit peledakan es kering.


Tonton ruang ini untuk artikel berikutnya yang akan fokus pada manfaat peledakan es kering.

No comments:

Post a Comment